Ladder Frame menjadi salah satu inspirasi dalam pembuatan desain ini. Rangka yang baik adalah rangka yang ringan, kuat, namun lentur untuk keperluan beban yang ringan. maksudnya bagaimana ? Rangka yang benar-kaku dan tidak bisa bergerak, justru akan menjadi masalah karena tidak bisa menyesuaikan beban pada kendaraan. Salah satu solusi adalah dengan memodifikasi rangka jenis Ladder frame
Chassis adalah rangka yang berfungsi sebagai penopang berat
kendaraan, mesin serta penumpang. Biasanya chassis terbuat dari kerangka
baja yang memegang body dan engine dari sebuah kendaraan. Saat
proses manufaktur body kendaraan dibentuk sesuai dengan struktur chassisnya.
Chassis mobil biasanya terbuat dari logam ataupun komposit. Material
tersebut harus memiliki kekuatan untuk menopang beban dari kendaraan. Chassis
juga berfungsi untuk menjaga agar mobil tetap rigid, kaku dan tidak
mengalami bending.
Ladder Frame adalah dua batangan panjang yang menyokong kendaraan
dan menyediakan dukungan yang kuat dari berat beban dan umumnya berdasarkan
desain angkut. Bentuk bodi ini merupakan salah satu contoh yang bagus dari tipe
chassis. Dinamakan demikian karena kemiripannya dengan tangga, Ladder
Frame adalah yang paling sederhana dan tertua dari semua desain. Ini
terdiri hanya dari dua rel simetris, atau balok, dan crossmembers menghubungkan
mereka.
Ladder frame merupakan chassis paling awal yang digunakan
sekitar tahun 1960-an, namun sampai sekarang masih banyak kendaraan yang
menggunakan chassis jenis ini terutama kendaraan jenis SUV. Bahan
material yang paling umum untuk jenis Ladder frame ini adalah material
dengan bahan baja ringan.
Dua batang memanjang tersebut merupakan
bagian yang utama untuk menahan beban longitudinal akibat percepatan dan
pengereman. Kemudian batang yang melintang hanya menahan agar chassis tetap
dalam keadaan rigid/kaku. Berikut adalah salah satu contoh Ladder Frame modern
yang biasa digunakan pada mobil pickup dan SUV dapat dilihat pada gambar
berikut.